Judul:
The Social Media Marketing Book
Penulis:
Dan Zarella
Penerjemah: Agung Prihantoro ISBN: 978-979-0245-60-0 Tebal: 209 Halaman Penerbit: PT Serambi Ilmu Semesta
Peresensi:Truly
Rudiono
|
Waktu yang berjalan
membuat dunia terus berubah. Demikian juga pemasaran, tentunya akan ikut
berubah. Hal ini secara otomatis membuat langkah-langkah pemasaran juga
mengalami perubahan. Ada Mark Zulkerberg yang mengubah dunia lewat facebook,
lalu Jimmy Wales dan Larry Sanger dengan Wikipedia. Dunia seakan menjadi datar.
Pergerakan dunia
marketing mengikuti pergerakan dunia bisnis. Perjalanannya ditopang oleh
berbagai perubahan seperti teknologi yang merupakan primay change driver. Saat
sebuah teknologi berubah maka lanskap marketing juga ikut berubah.
Pada dekade 2000-an,
lingkungan bisnis menjadi digital di dunia yang global. Gaya marketing yang
bersifat transactional sudah sangat ketinggalan jaman. Pemikiran dan pendekatan
marketing betul-betul bergerak bukan saja bertumpu pada produk namun juga
customer centric. Konsep Brand Equity Marketing merupakan salah satu konsep
yang lahir di dekade ini.
Seiring dengan
perkembangan teknologi yang membuat dunia kian terasa datar. Banyak pelaku
bisnis mulai melirik media sosial. Media sosial dipilih karena nyaris tiada
biaya yang dikeluarkan namun efeknya luar biasa.
Barack Obama bisa
dikatakan seorang presiden media sosial yang pertama. Ia melakukan kampanyenya
melalui Twitter, FB, YouTube, Flickr, Linkedln, MySpace dan Second Life.
Dibandingkan biaya yang harus dikeluarkan jika menggunakan cara kampanye yang
umum, biaya melalui Twitter, FB, YouTube, Flickr, Linkedln, MySpace dan Second Life
nyaris tiada artinya. Tapi coba lihat efek yang diperolehnya.
Burger King
menawarkan satu kupon whooper gratis kepada pengguna FB jika merka mau
memutuskan hubungan 10 teman mereka. Bayangkan…! kehilangan 10 orang demi
sebuah kupon. Walau kelihatannya kejam, ternyata banyak juga yang menggunakan
kesempatan ini.
Namun ada juga
beberapa produk yang ketipan sial karena media sosial. Misalnyanya saja video
yang menceritakan bagaimana mudahnya membuka paksa kunci sepeda Kryptonite
dengan sebuah bolpen.
Saya pribadi sempat
tergoda untuk membeli sepatu disalah satu toko karena beberapa media sosial
pertemanan menyebutkan salah seorang pelayan memberikan servis yang sangat luar
biasa. Ia bahkan rela memberikan jatah diskon karyawan yang sangat langka hanya
karena ia tidak melihat sedikit cacat pada sepatu yang ditaksir pembeli. Si
pembeli saja menerima kekurangannya, namun tetap perasaan si pelayan yang tak
enak hati.
Beberapa sahabat
sekedar mampir untuk mengintip bagaimana sih wajah si mbak pelayanan yang
tersohor baik hati dan ramah itu. Dari sekedar mengintip, mereka melirik sepatu
yang dijajakan, dari sekian orang minimal satu pasang sepatu berpindah tangan.
Si mbak yang baik hati itu tentu tidak akan terkenal jika tidak ada media
sosial yang mengangkat ceritanya. Efek yang diperoleh toko dimana ia bekerja
tentunya lebih terlihat dari pada memasang iklan di selembar harian.
Buku kecil tapi
sarat akan tips ini memberikan kita banyak hal mengenai bagaimana mengolah
media sosial sebagai salah satu sarana pemasaran. Menjamurnya toko online juga
akibat campur tangan media sosial secara tak lansung. Hal-hal kecil yang
sepertinya sepele, justru akan menbawa dampak besar bagi pemasaran sebuah
produk.
Dari sekian banyak
media sosial, buku ini antara lain membahas mengenai blog, Twitter dan Microblogging,
jejaring sosial,media bersama, forum serta bookmarking.
Sebaiknya setiap
perusahaan memiliki sebuah blog yang menjadi pusat pemasaran di media sosial.
Saat membuat blog pilihlah topik yang bisa Anda dominasi, jangan topik-topik yang
banyak dibicarakana. Jadikan blog Anda sesuatu yang spesial. Jangan terlalu
jauh berhayal dulu, jika blog Anda menawarkan perihal cara memasak, tak perlu
seluruh masakan. Cukup hal yang paling Anda kuasai, misalnya khusus untuk
masakan Jawa Timur. Jangan lupa memperindah blog Anda dengan aneka desain dan
posting aneka hal secara teratur.
Dalam Twitter,
pegawai pemasaran dan pengusaha cenderung mempunyai banyak pengikut ketimbang
lain-lainnya.Carilah orang yang membuat tweet tentang produk Anda dan ikutilah
mereka. Microblogging merupakan cara yang mudah dan cepat untuk masuk ke media
sosial dan berpromosi.
Sering kali saat
membuka FB, kita akan menemukan sebuah penawaran dari si anu mengenai sebuah
produk. Itu tanda siprodusen sedang memanfaatkan jejaring sosial untuk
memasarkan produknya. Yang harus diperhatikan janganlah memasarkan secara
berlebih, sehingga jangankan dilirik bisa-bisa kita diblokir. Tawarkan konten
yang hanya ada di jejaring sosial bukannya membuat ulang situs.
Novel cyberpunk
berjudul Snow Crash besutan Neal Stephen ,muncul pada tahun 1992, menginsiprasi
teknologi web. Bagian Metaverse merupakan hal yang paling ramai dibicarakan.
Metaverse merupakan sebuah gambaran realitas virtual tentang seperti apakah
jadinya internet di masa depan. Mungkin awalnya hal ini membingungkan, namun
jika bisa menguasainya akan memudahkan bagi pemasar.
Media sosial apapun
yang digunakan, pastikanlah semuanya terintegrasi dan blog Anda sebagai pusat.
Anda bisa menyambungkan halaman FB dengan Twitter untuk menampilkan tweet-tweet
Anda. Video-video YouTube Anda dapat di-embed di blog dan halaman FB. Blog Anda
dapat secara otomatis mempublikasikan post-post harian yang berisi
tautan-tautan yang telah Anada bookmark di Delicious.
Perlu diingat,
bahwa strategi pemasaran berbeda dengan pemasaran strategi. Strategi pemasaran merupakan
fokus untuk mencari dan memberi kepada pelanggan superior serta memiliki nilai
yang berbeda untuk mengembangkan bisnis. Strategi pemasaran bertujuan akhir
untuk meningkatkan jumlah penjualan. Sedangkan pemasaran strategi adalah cara
terbaik untuk mencapai peningkatan jumlah penjualan.
Jika belum ada yang
tertarik untuk melakukan transaksi , anggap saja sebagai alat promosi .Tujuan
promosi secara sederhana bisa dipersempit menjadi tiga hal, yaitu memberikan
informasi ke pelanggan tentang produk atau fitur baru seperti menciptakan
kebutuhan, mempengaruhi pelanggan untuk membeli merek seperti orang lain,
mengingatkan pelanggan tentang merek yang termasuk memperkuat penetapan
ancangan merek.
Jangan
mempromosikan merek, tapi promosikan kategori anda. Sebuah merek yang kuat akan
mendominasi dan mewakili kategori. Sebuah merek tidak berharga jika hanya
dikenal baik, kecuali merek mewakili kategori.
Sebut saja Odol.
Bagi anak jaman sekarang Odol identik dengan pasta gigi, hanya sedikit yang
mengerti kalau itu adalah sebuah merek pasta gigi yang sudah tidak diproduksi
lagi. Saat ini Odol mulai diganti dengan Pensodent. Jadi bukan hal aneh lagi
jika seseorang pergi ke warung dan menyebutkan ingin membeli Pepsodent, lalu si
pelayan memberikan Cipadent. Keduanya memang sama-sama pasta giogi, namun
masyarakat awam sudah mengidentikan pasta gigi dengan pepsodent, sebuah merek.
Buku ini tidak saja
menawarkan berbagai tips mengenai pengolahan media sosial namun juga bagaimana
mengukur keberhasilannya. Sehingga buku ini tidak saja memberikan teori namun
juga praktek. Sayangnya buku ini mungkin akan susah dipahami oleh mereka yang
kurang paham dunia maya. Beberapa istilah yang dianggap umum, mungkin malah
tidak diketahui oleh orang yang jarang bergaul dengan dunia maya.
Jadi, manfaatkan
FB, Twitter, Blog Anda semaksimal mungkin. Jika belum punya, segera buat! Tidak
butuh keahlian yang susah serta waktu yang lama. [*]
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar